Tips Agar Printer Thermal Pribadi Kamu Awet dan Tahan Lama Leave a comment

Bagi kamu yang mempunyai printer thermal bluetooth, sangatlah penting untuk menjaganya agar usia printer kamu awet dan tahan lama. Nah berikut tips agar printer thermal kamu awet dan tahan lama dari kami

1. Jangan Over Charger

Sama seperti alat elektronik pada umumnya, Printer thermal bluetooth juga tidak boleh cas terlalu lama atau over charger. Hal itu dapat menyebabkan baterai printer thermal milik kalian mengalami kebocoran pada baterai.

Selain mengalami kebocoran pada baterai, mengecas baterai terlalu lama juga dapat menyebabkan mesin pada printer thermal menjadi panas. Sehingga mesin utama pada printer thermal atau mainboardnya akan mengalami kerusakan.

Jika mesin utama pada printer thermal sudah mengalami kerusakan, akibatnya adalah printer thermal kamu tidak akan bisa berfungsi normal kembali.

Jika hal itu terjadi, solusi satu-satunya adalah harus service dan mengganti mainboardnya. Biasanya harga mainboard sekitar 150-500 tergantung tipe printer thermal yang kamu miliki.

2. Jangan Pergunakan Printer Thermal Sambil di Charger

Sama seperti point 1, karena masih dalam kategori barang elektronik, Printer thermal juga tidak boleh mengisi baterai sambil kalian pergunakan. Hal itu dapat menyebabkan performa dari printer thermal juga mesinnya menurun.

Akibatnya selain performa printer dan mesinnya menurun, baterai printer thermal juga dapat mengalami kebocoran. Jika itu terjadi, kalian bisa langsung mengganti baterai printer thermalnya dengan yang baru.

Untuk mengantisipasi, Sebaiknya charger terlebih dahulu printer thermalnya sebelum kalian gunakan. Umumnya mengisi baterai printer thermal normalnya adalah dalam keadaan baterai 30% atau kurang. Yang terpenting adalah jangan sampai baterai drop atau masih dalam keadaan setengah penuh.

3. Lepaskan Baterai dari Unit Printer Thermal

Jika kalian sudah selesai menggunakan printer thermal, disarankan untuk melepas baterai dari unit printer thermalnya. Jika hal tersebut tidak kalian lakukan, bisa menyebabkan arus tegangan pada baterai dan printer tetap terjadi. Apabila terjadi terus menerus hal itu juga bisa menjadi salah satu penyebab kebocoran pada baterai, performa printer tidak optimal dan lain halnya.

Lihat Juga Produk Lainya  Printer Thermal Barcode Z92 BellaV Solusi Terbaik untuk Bisnis OlShop

4. Pastikan Printer Head Pada Thermal Selalu Bersih

Jaga kepala cetak pada printer thermal tersebut, pastikan tetap bersih. Baca secara detail instruksi dan iikuti rekomendasi dari masing-masing jenis tipe dan merk pabrik untuk membersihkan kepala printer atau print head. Secara umum, kepala printer harus terbebas dari debu dan bersih. Biasanya dengan alkohol Isopropil dengan kadar setidaknya 70% atau dengan tisu basah dan tisu kering.

Biasakan bersihkan debu pada printer thermal setidaknya sekali atau dua kali setiap minggunya. Tumpukan debu tersebutlah yang dapat menyebabkan masalah kualitas cetak serta masalah sensor printer. Jika ruangan tempat kalian menyimpan printer thermal tersebut ber AC, pastikan untuk printer tersebut agar tidak dalam keadaan lembab. Apabila printer thermal terus menerus dalam keadaan lembab juga tidak baik untuk memaksimalkan masa pakai printer tersebut dalam waktu yang panjang. Hal tersebut biasanya karena printer thermal yang terus-menerus dalam keadaan lembab akan cepat dan mudah rusak. 

Untuk memaksimalkan cara membersihkan dan merawat printer thermal kalian, memang lebih baik untuk mengikuti instruksi yang tercantum dalam buku petunjuk dari masing-masing merk, jenis, dan tipenya. Masing-masing dari merk, jenis, dan tipe printer thermal pastinya memiliki cara dan perawatan yang berbeda agar lebih dapat hasil yang maksimal untuk printer tersebut lebih tahan lama.

Semoga tips pada artikel ini membantu dan menambahkan informasi untuk kalian dalam merawat dan menjaga printer thermal yang kalian miliki. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *