Pengaruh Pelaku UKM Bagi Produsen Printer Leave a comment

Berbicara tentang perkembangan serta pertumbuhan ekonomi di Tanah Air tentu tidak terlepas dari peran pelaku UKM atau Usaha Kecil Menengah yang geliatnya semakin berkembang tiap tahunnya di Indonesia. Jika melihat data Bank Indonesia selama periode 2015-2018 saja industri UKM mampu menyerap kurang lebih 97% dari tenaga kerja lokal ditambah 56% dari jumlah investasi bisnis.

Sebagian besar dari usaha tersebut digerakkan oleh generasi milenial yang saat ini populasinya setengah dari total penduduk di Indonesia, yang artinya peran generasi milenial cukup vital bagi keberlangsungan ekonomi di negeri ini. Para pelaku usaha generasi milenial ini mampu membuat dunia bisnis menjadi lebih dinamis karena dianggap mampu menjawab tantangan akan kebutuhan solusi yang cepat, efektif serta efisien bahkan mampu meminimalisir biaya operasional.

Dampak Pelaku UKM Generasi Milenial

Karena itulah yang kemudian menjadi dasar para produsen berbagai produk atau jasa untuk bisa menghadirkan produk-produk yang mensupport kebutuhan dari pelaku UKM di Tanah Air yang dimotori generasi milenial. Salah satu produk yang mendukung kebutuhan bagi para pelaku UKM saat ini yaitu printer.  Karena hampir semua jenis Usaha Kecil Menengah menggunakan printer sesuai dengan kebutuhan masing-masing usahanya.

Tidak sedikit produsen printer berlomba-lomba menghasilkan printer yang mampu menjawab kebutuhan pelaku UKM yang cukup kompleks seperti misalnya harus praktis, mudah perawatannya dan berfungsi sesuai dengan kebutuhan jenis usahanya.  

Berdasarkan kebutuhannya, setidaknya ada 3 fungsi printer menurut Toserbadigital yang umum digunakan para pelaku UKM di Indonesia. Berikut ulasannya :

  • Mencetak Dokumen dan Laporan

Kebutuhan untuk mencetak dokumen dan laporan saat ini menjadi hal yang wajib bagi para pelaku UKM. Baik dokumen perijinan usaha, dokumen penawaran atau quotation, dokumen tagihan atau invoice, laporan penjualan, serta dokumen dan laporan lainnya tentu perlu dicetak atau diprint.

Untuk kebutuhan ini, jenis printer yang biasa digunakan umumnya yaitu tipe Ink Jet dan Laser Jet. Kedua tipe ini memang dikenal handal dan mumpuni jika digunakan untuk cetak dokumen. Memiliki jenis tinta yang berbeda, masing-masing jenis printer ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan baik dari sisi kualitas hasil cetakan, kecepatan mencetak, layanan purna jual hingga harga yang juga variatif.

  • Mencetak Foto
Lihat Juga Produk Lainya  BellaV Printer Thermal Khusus Android

Meskipun saat ini teknologi media penyimpan foto seperti harddisk eksternal, memory card dan lainnya sudah semakin canggih namun kebutuhan untuk mencetak foto juga tidak bisa dianggap kecil. Bahkan bisnis cetak foto yang sebelumnya hanya bisa mencetak pada kertas foto saja, saat ini berkembang pada media lain seperti kaos, sweater, barang pecah belah seperti gelas/mug hingga photobook atau photo album.

Jenis  Photo Printer ini tentu berbeda dengan printer yang digunakan untuk mencetak dokumen, karena dibutuhkan printer yang mampu mencetak dengan kualitas baik agar hasil cetakannya tajam dan sempurna.

  • Mencetak Struk Kasir

Hampir setiap pelaku UKM saat ini membutuhkan printer yang digunakan untuk mencetak struk di bagian kasir sebagai bukti pembayaran atau bukti transaksi. Bayangkan jika untuk struk kasir dilakukan masih manual, maka tentu sangat merepotkan, tidak efektif dan tidak efisien. Karena kebutuhan cetak struk ini harus cepat maka tentu jenis printernya pun berbeda dengan kebutuhan cetak lainnya.

Printer kasir ini umumnya dikenal dengan jenis printer thermal, hal ini dikarenakan dalam proses mencetaknya dengan media panas untuk dapat menghasilkan cetakan pada kertas thermal. Selain di bagian kasir, printer thermal juga umum digunakan di SPBU, mini market, coffee shop dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *