3 Jenis Printer Yang Biasanya Terdapat di Perkantoran dan Pertokoan Leave a comment


Fungsi Printer bagi alat perkantoran dan toko sangatlah penting, Biasanya sebagai alat cetak segala macam transaksi atau kegiatan. Berikut adalah beragam macam jenis printer perkantoran dan toko sesuai kegunaannya.

1. Printer InkJet

Printer IngkJet merupakan salah satu printer yang sangat sering kalian jumpai. Cara kerja printernya dengan menempatkan sebuah plat magnet yang nantinya tinta akan mengalir ke atas kertas yang membentuk pola sesuai dengan yang sudah perintahkan oleh komputer.

Kualitas printer dengan jenis InkJet memiliki standar seperti printer pada umumnya yang memiliki kerapatan sekitar 300 dpi. Printer ini juga sudah bisa kalian gunakan untuk mencetak hitam maupun warna-warni yang sesuai dengan perintah komputer.

Kelebihan dari printer jenis InkJet ini dapat menghasilkan cetakan yang lebih cepat daripada jenis printer Dot Matrik. Untuk kualitas cetaknya pun cukup terbilang baik. Printer jenis InkJet ini juga tidak mengeluarkan suara yang bising saat mencetak lembar demi lembar dokumen Anda.

Kekurangan dari jenis printer Inkjet ini yaitu merupakan jenis printer yang harganya relatif lebih mahal daripada jenis printer jenis Dot Matrik, karena sesuai kualitasnya juga yang memiliki keunggulan sendiri. Mengenai tinda untuk jenis printer InkJet ini tidak bisa mencetak melebihi maksimalnya 1 rangkap. 


2. Printer LaserJet

Printer jenis LaserJet ini salah satu jenis printer yang merupakan gabungan tipe Xeroyraphic Technology yang biasanya tipe ini bisa Anda temukan dalam mesin fotokopi yang dengan teknologinya yang memiliki laser, oleh karena itu printer jenis ini dinamakan dengan LaserJet. 

Kelebihannya dari printer jenis LaserJet ini mampu mencetak dalam waktu yang cepat dan kualitas hasil dari cetakannya baik dan juga mampu mencetak dalam cukup banyak jenis kertas. Printer jenis LaserJet ini sama seperti jenis printer InkJet, saat mencetak tidak mengeluarkan suara yang bising.

Lihat Juga Produk Lainya  7 Keunggulan Printer Thermal Bluetooth

Kekurangan dari printer jenis LaserJet ini yaitu karena printer ini dapat dan mampu mencetak dalam waktu yang cepat, maka mesin dari jenis printer ini cepat panas. Printer jenis LaserJet ini juga memiliki harga yang lumayan tinggi sama seperti printer jenis InkJet.

3. Printer Thermal 

Printer thermal merupakan jenis printer yang proses mencetaknya menggunakan pemanas dalam mengaktifkan tinta printer tersebut. Terkenal lebih efisien juga ekonomis daripada jenis printer lainnya. Hal ini karena printer jenis Thermal tidak membutuhkan ruang yang besar karena ukurannya yang terbilang sangat kecil dibanding dengan ukuran jenis printer pada umumnya. Printer jenis Thermal ini juga tidak perlu perawatan yang khusus dan lebih mudah karena berukuran cukup minim.

Printer jenis Thermal ini biasanya sering kalian jumpai dalam sebuah toko swalayan ataupun supermarket-supermarket dan juga kios-kios yang memiliki meja kasir.

Keuntungan dari printer jenis Thermal ini sangat ekonomis dan efisien karena bentuknya yang minim atau relatif kecil. Printer ini juga memiliki waktu yang cepat dalam mencetaknya. Printer jenis Thermal ini juga tidak mengeluarkan suara yang berisik atau bising saat proses mencetak. 

Kelemahan dari printer jenis Thermal ini, tidak bisa mencetak menggunaka kertar yang lebar ataupun kertas yang berukuran besar. Printer ini harus menggunakan kertas yang khusus karena ukurannya yang tidak memiliki bentuk yang standar seperti printer pada umumnya, ukuran dari printer jenis Thermal ini relatif kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *